Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anda pengangguran ? inilah Sebab dan Solusinya

Pengangguran Terbuka - Pengangguran memang suatu permasalahan sosial yang semakin tahun tidak pernah ada habisnya.setiap tahun banyak lulusan baru dari SMA,SMK dan bahkan lulusan perguruan tinggi. Dengan begitu otomatis bertambah banyaknya jumlah pencari kerja.menurut badan pisat statistik ( BPS ) , Jumlah angkatan kerja pada Februari 2019 sebanyak 136,18 juta orang, naik 2,24 juta orang dibanding Februari 2018. Lulusan sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih tertinggi diantara tingkat pendidikan lain, yaitu sebesar 8,63 persen.

Banyak hal yang sudah pemerintah lakukan untuk mengurangi angka pengangguran. Diantaranya adalah mengadakan pelatihan kerja oleh disnaker,mengadakan job expo,job fair dan lain sebagainya.namun yang perlu diketahui adalah kenapa masih saja banyak pengangguran di indonesia ini.berikut beberapa alasan masih banyak yang nganggur :
Anda pengangguran ? inilah Sebab dan Solusinya
Tidak mengasah skill
Kebanyakan banyak lulusan sarjana yakin bahwa hanya mengandalkan ijazahnya saat melamar pekerjaan padahal itu salah besar.karena di dunia pekerjaan yang paling dibutuhkan adalah skill atau keahlian kita.sering kita melihat hasil karya yg non sarjana lebih bagus dari yang sarjana. Sebabnya ialah yang non sarjana melatih skill mereka tanpa mengandalkan ijazah. Sementara lulusan sarjana sudah berbangga diri setelah lulus dari perkuliahan dan mendapatkan gelar.

Gengsi
Nah ini juga merupakan point yang banyak dilakukan oleh lulusan sarjana.tidak mau mengambil pekerjaan seperti sales, office boy,berjualan dan yang lain sebagainya hanya dikarenakan gengsi karna sudah sarjana.beda dengan lulusan SD,SMP dan SMA yang mau kerja apa saja demi bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.padahal kita tau bahwa sukses itu tidak ada yang instan semua butuh proses.begitu juga saat kita sudah berada di dunia kerja.harus dari bawah dulu untuk mencapai kesuksesan.

Minta gaji tinggi
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan hidup kita berbeda-beda.dan kita juga membutuhkan gaji yang sesuai untuk mencukupi kebutuhan tersebut.tapi perlu diingat adalah zaman sekarang mencari kerja sangatlah sulit.kita tidak bisa mengharap ada tempat yang mau menggaji kita sesuai yang kita mau. Jika kita berharap begitu terus maka semakin sulitlah mencari pekerjaan.solusinya adalah seperti yang saya bilang diatas yakni jangan gengsi. Berapapun gajinya,apapun pekerjaannya ambil saja asalkan halal.secara bertahap nanti juga pendapatan kita akan naik.

Pengalaman 
Mengapa ini penting? Karena dengan adanya pengalaman menunjukkan bahwa kita sudah terbiasa dengan pekerjaan tersebut dan sang pelamar akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan dibanding yang non pengalaman.jika belum pengalaman,maka cari dahulu pengalaman di tempat pelatiham,kursus dan sebagainya sekaligus mengasah kemampuan kita.

Tidak punya kenalan
Tidak bisa dipungkiri zaman sekarang tidak punya kenalan termasuk kesulitan dalam mencari kerja.melamar pekerjaan melalui “orang dalam” memang lebih mudah dbanding dengan melewati cara yang seharusnya.cobalah bertanya kepada teman kita masa sekolah atau kuliah dulu. Siapa tau ada diantara mereka yang punya perusahaan atau bisa membantu kita dalam hal pekerjaan.

Dapat disimpulkan bahwa semakin lama semakin ketat juga persaingan dunia kerja. Maka kita harus selalu mengasah diri dan beradaptasi dengan keadaan agar pekerjaan itu tetap ada untuk kita.semoga bermanfaat.sekian dan terimakasih.