Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Dapat Kerja Saat Job Fair ? Berikut Tipsnya

Bagi fresh Graduated atau yang  baru di PHK, mencari pekerjaan merupakan hal yang wajar dilakukan.mengingat banyaknya kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi baik itu yang jomblo ataupun yang sudah berkeluarga.

Mengingat banyaknya lulusan sarjana ataupun SMA/SMK yang lulus setiap tahunnya,dibuatlah suatu kegiatan yang bernama JOB FAIR atau JOB EXPO.Job fair atau job fair adalah suatu Sarana untuk mempertemukan calon karyawan dengan perusahaan-perusahaan di suatu tempat atau gedung.penyelenggara kegiatan ini Yakni Dari DINAS TENAGA KERJA ( DISNAKER ),Kampus maupun Job Carrer Event.kegiatan ini berlangsung setiap tahunnya hampir diseluruh wilayah indonesia.
Dengan diadakannya kegiatan ini.dapat menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu lagi mengirim berkas ke perusahaan satu persatu.buat kamu ataupun temanmu yang sedang mencari kerja,berikut tips agar sukses saat job fair atau job expo:

1. Jangan Begadang
Menjelang Hari H kegiatan, kamu harus jaga kondisi kesehatanmu.jangan begadang dan tidur yang cukup.agar kondisimu menjadi Fit dan bisa fokus saat kegiatan.

2. Berdoa
Sebelum berangkat,berdoalah terlebih dahulu agar dilancarkan dan diberikan pekerjaan terbaik.jika orang tua masih ada maka mintalah restu orangtua agar kegiatanmu menjadi berkah.

Baca Juga : Anda pengangguran ? inilah sebab dan solusinya

3. Siapkan berkas
Sebelum kamu datang ke lokasi, pastikan kamu sudah bawa berkas lamaran kerja yang lengkap.jangan sampai ada yang kurang karena itu akan mempengaruhi kelulusanmu di perusahaan yang dituju.berkas yang umumnya harus ada adalah Daftar riwayat hidup ( CV ) , fotocopy ijazah terakhir,fotocopy KTP,fotocopy Transkrip nilai,biodata,surat keterangan sehat,Pas foto atau foto seluruh tubuh terbaru.Adapaun SIM , NPWP, Sertifikat dan lain sebagainya hanyalah dokumen pendukung.

4. Bawa Perlengkapan tambahan
Perlengkapan tambahan yang sebaiknya dibawa adalah Pulpen,tas untuk meletakkan berkas, amplop surat lamaran dan lain sebagainya.

5. Berpakaian Rapi dan Sopan
Sama seperti melamar kerja biasanya, kamu haruslah berpakaian rapi dan sopan karena itu menjadi penilaian layak tidaknya kamu diterima diperusahaan itu.karena ada beberapa perusahaan yang langsung mengadakan interview ditempat.jadi siapkan pakaian terbaikmu.

6. Jangan membawa satu lamaran
Karena perusahaan yang mengikuti kegiatan ini ada banyak dan sainganmu juga tidak sedikitu,maka jangan bawa 1 lamaran saja.bawalah beberapa agar kemungkinan diterima semakin besar.

7. Ramah dengan Orang Lain
Saat berada dilokasi job fair/job expo, kita akan bertemu dengan banyak pelamar lainnya yang juga mencari kerja.bagi kamu yang baru pertama ikut,bisa saja ada hal yang tidak diketahui tentang kegiatan ini.maka dari itu sesekali berbicaralah pelamar lain dengan baik dan sopan.itu akan memudahkan kamu dalam melamar nantinya.jangan malu dan jangan gengsi karena itulah sumber kegagalan kita.


Dengan beberapa tips diatas , diharapkan kamu dapat diterima sesuai pekerjaan yang diinginkan.