Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengelola Uang THR Yang Benar Agar Tidak Cepat Habis Sebelum Lebaran

Tengkuadiman.blogspot.com - Tiap bulan Ramadhan, tunjangan hari raya( THR) jadi salah satu bonus yang banyak dinantikan oleh para pekerja. Tetapi, banyak dari warga kita yang belum sangat bijak di dalam mengalokasikan THR.
Ini membuat duit yang didapat malah telah habis duluan. Di sebagian permasalahan, apalagi THR habis saat sebelum lebaran datang.
Cara Mudah Mengelola THR
Demi menghindari perihal ini menjadi kebiasaan, Oleh sebab itu pengelolaan keuangan sebaiknya dicoba supaya duit THR tidak habis begitu saja. Berarti buat membuat THR betul- betul dapat berguna dengan maksimal.

Kepala Program Riset Manajemen Unika Atma Jaya Christiana Fara Dharmastuti berkata, dikala menerima duit THR terdapat baiknya membaginya bersumber pada skala prioritas. Baginya, ini langkah berarti yang wajib dicoba buat memastikan kesuksesan mengelola duit THR.

" Langkah awal yang sebaiknya dicoba ialah menghitung nominal; jumlah THR yang hendak diterima, kemudian membuat anggaran pengeluaran hari raya," ucapnya.

Walaupun THR diperuntukan buat keperluan Hari Raya Idul Fitri, tetapi sangat berarti buat menyisihkan minimun 10% dari penerimaan buat menaikkan tabungan. Berikut panduan ampuh buat mengelola duit THR supaya tidak habis dengan percuma:




1. Membayar Hutang
Bila duit tunjangan hari raya yang kalian terima lumayan buat penuhi totalitas ataupun separuh hutang, janganlah kalian menunda–nunda serta segeralah lunaskan hutang mu, semacam cicilan kartu kredit ataupun hutang antar sahabat serta keluarga.


2. Membuat perencanaan serta prioritas kebutuhan belanja
Saat sebelum mulai berbelanja, Kamu hendaknya membuat catatan belanja kebutuhan yang dibutuhkan. Tujuannya, biar Kamu bisa memandang mana benda yang betul- betul dibutuhkan, mana yang belum jadi prioritas. Pertimbangkan pula benda yang dibeli dapat terus digunakan sehabis bulan Ramadan serta Idul Fitri supaya lebih berguna.

Upayakan rencana belanja disesuaikan dengan promo belanja online buat mengoptimalkan pemakaian dana. Tidak hanya itu, upayakan buat berbelanja lewat satu platform supaya lebih gampang memantau seluruh transaksi yang telah dicoba supaya tidak kalap.


3. Menahan Nafsu
Sehabis kalian menyisihkan duit tunjangan hari raya kalian buat membayar hutang, berzakat serta mempersiapkan dana darurat, saat ini kalian dapat memakai sisa duit tunjangan hari rayamu buat berbelanja kebutuhan individu kalian. Kalian bisa memakai sebagian THR kalian buat kesenangan individu kalian semacam makan di restoran, baju baru, menyaksikan bioskop serta perihal yang lain. Kala berbelanja, bawalah duit seperlunya serta jangan sangat banyak, dengan begini kalian dapat menahan pengeluaran duit THR kalian.


4. Menabung serta berinvestasi
Usai menunaikan ibadah, membayarkan kewajiban serta hutang, puas berbelanja serta berbagi hantaran, ini saatnya buat menghabiskan THR buat ditabung. Suasana pandemi ini pastinya mengarahkan kita buat lebih bijaksana dalam menabung serta menyisihkan dana darurat buat bermacam keperluan tidak terduga di masa depan.

" Untuk memenuhi kebutuhan Selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri dengan baik, kita wajib mempersiapkan anggaran untuk membeli kebutuhan terlebih dulu lalu selanjutnya mengalokasikan dana kita untuk hal lain. Upayakan belanja di satu tempat biar lebih gampang buat mengendalikan pengeluaran keuangan kita. Tidak terdapat salahnya pula buat menggunakan bermacam- macam promo yang ditawarkan, biar kita dapat lebih hemat,"


5. Sisihkan Buat Zakat serta Sedekah
Sehabis menerima bonus ini, terdapat baiknya duit tunjangan hari raya kalian dimanfaatkan buat perihal lain tidak hanya berbelanja. Kalian dapat menyisihkan sebagian duit tunjangan hari raya kalian buat zakat ataupun bersedekah. Pandemi COVID- 19 ini membagikan akibat yang sangat besar untuk banyak orang. Tidak sedikit warga yang memerlukan dorongan serta hendak bahagia hati menerima bantuanmu. Tidak hanya berzakat yang ialah rukun islam untuk umat muslim, beramal juga pula ialah salah satu wujud syukur atas apa yang sudah Tuhan bagikan pada kalian sepanjang ini.

Jadi, sisihkanlah dekat 2. 5%– 10% duit THR kalian serta berzakatlah. Kalian pula dapat bersedekah kepada orang yang memerlukan dengan berikan santapan serta minuman ataupun baju kepada yang memerlukan.

Kalian wajib senantiasa bijak serta berjaga- jaga dalam menghasilkan duit THR kalian. Watak lapar mata terhadap sebagian benda jadi satu aspek pendorong yang membuat duit THR kalian kilat habis. Kerap kali kita tergiur dengan benda yang sesungguhnya tidak sangat kita perlukan. Ditambah lagi dengan tawaran yang menggiurkan semacam banyaknya diskon ataupun promo hari raya. Janganlah kalian sangat terpancing dengan promosi ataupun diskon dari benda yang kalian tidak butuhkan. Dengan begini, kalian bisa memakai duit THR- mu buat hal- hal yang lebih berguna.

THR pastinya jadi perihal yang mengasyikkan untuk siapa saja yang menerimanya. Namun, bila kalian tidak bijak dalam mengelolanya, THR kalian bisa habis dalam sekejap. Di atas sudah kami ulas tentang 5 Panduan Mengelola THR. Kalian bisa menerapkannya kala kalian menerima THR nanti.