Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja 2022

Tengkuadiman.blogspot.com - Program Kartu Prakerja yang digagas Pemerintah akan dibuka kembali pada 2022. Pada Gelombang 23, pendaftaran akan dimulai Februari ini di situs Kartu Prakerja. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Kartu Prakerja, cara mendaftar, dan detail insentif yang diberikan, lihat ulasannya di bawah ini.

Apa itu Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja merupakan langkah strategis yang diambil oleh Pemerintah Indonesia untuk membantu masyarakat Indonesia dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilannya agar memiliki daya saing yang tinggi. Program ini dirancang dengan sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi penggunanya serta memberikan nilai bagi sektor swasta.

Program ini berjalan pada platform digital yaitu bermitra dengan marketplace terpilih sehingga pengguna dapat mencari, membandingkan, memilih, dan mengevaluasi pelatihan yang mereka ikuti. Kerjasama antara pemerintah dan swasta ini merupakan perwujudan dari semangat gotong royong demi sumber daya manusia Indonesia yang lebih maju dan unggul.

Sejak tahun 2020, target program ini telah diperluas. Jika sebelumnya program ini menyasar kaum muda dan produktif, pada April 2020 Prakerja juga bisa diikuti oleh para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi Covid-19. Pada tahun 2022, pemerintah membuka kembali Pendaftaran Prakerja dan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 11 triliun untuk 2,9 juta pengguna pada akhir tahun depan.

1. Meningkatkan keterampilan dan keahlian

Salah satu tujuan utama program ini adalah memberdayakan sumber daya manusia Indonesia agar unggul dan berdaya saing di dunia kerja. Oleh karena itu, Pemerintah bekerjasama dengan pihak swasta untuk memberikan berbagai macam pelatihan keterampilan dan keahlian yang dapat diikuti oleh para peserta.

Pelatihan yang diberikan juga sangat bervariasi, mulai dari yang praktis seperti resep makanan yang bisa dijual dengan baik hingga yang ilmiah seperti pemahaman digital marketing atau media sosial untuk mengembangkan bisnis.

2. Biaya pelatihan ditanggung

Melalui Kartu Prakerja, Pemerintah akan menanggung biaya pelatihan yang diberikan oleh pihak swasta dengan memberikan dana pelatihan sebesar Rp. 1 juta untuk setiap peserta. Hal ini akan membantu peserta untuk lebih leluasa memilih pelatihan yang ingin diikuti tanpa terkendala biaya.

Selain itu, penyelenggara pelatihan yang menjadi mitra Pra Kerja juga akan memberikan potongan harga bagi penerima program ini. Biasanya harga per set pelatihan bagi peserta prakerja hanya ratusan ribu, sehingga bisa mengikuti pelatihan kerja lebih dari satu.

3. Menyelesaikan pendidikan formal

Program ini dapat diikuti oleh semua kalangan yang memenuhi persyaratan, termasuk para fresh graduate di antaranya. Dalam situasi saat ini, masih ada kesenjangan ilmiah yang dibutuhkan oleh dunia kerja, tetapi itu belum diperkenalkan ke dalam sistem pendidikan kita. Program ini diharapkan mampu mengisi kekosongan dengan melibatkan para profesional sebagai pelatihnya.

Langkah ini dapat membuat pencari kerja lebih siap dan dibekali dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh industri kerja saat ini. Keterampilan ini bisa bermacam-macam bentuknya, mulai dari hard skill seperti digital marketing atau soft skill seperti cara mengirim email yang benar atau cara membuat CV yang tepat.

4. Dapatkan insentif bulanan

Selain memberikan dana pelatihan yang hanya dapat digunakan untuk membeli pelatihan, Pemerintah juga memberikan dana insentif bulanan kepada peserta sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan. Dana tersebut nantinya dapat dicairkan setiap bulan melalui LinkAja. Selain itu, peserta juga dapat mengikuti survei Pra Kerja sebanyak tiga kali dalam satu periode. Setelah menyelesaikan survei, peserta mendapatkan tambahan Rp. 50 ribu untuk setiap sesi survei.

Apa Saja Persyaratan Pendaftaran Kartu Prakerja?

Untuk dapat terdaftar sebagai peserta Kartu Prakerja, tentunya peserta harus memenuhi persyaratan yang tertera pada laman prakerja.go.id berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia diatas 18 tahun.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Sedang mencari pekerjaan, pekerja yang di-PHK, pekerja yang perlu ditingkatkan              kompetensi kerjanya, termasuk usaha mikro.
  4. Bukan orang yang menerima bansos lainnya selama masa pandemi Covid-19
  5. Bukan penyelenggara negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, TNI, Polri, kepala desa dan aparatur serta Direksi/Komisaris/Badan Pengawas BUMN atau BUMD.
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK penerima Kartu Prakerja.
  7. Cara Membuat Akun Prakerja

Untuk dapat mengikuti program Kartu Prakerja, setiap calon peserta wajib memiliki akun Prakerja yang dapat diakses di www.prakerja.go.id. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Kunjungi situs resmi www.prakerja.go.id/List.
  2. Masukkan alamat email dan kata sandi yang diinginkan, lalu klik “Daftar”.
  3. Anda akan secara otomatis menerima email pendaftaran.
  4. Buka email dan lakukan langkah-langkah memanfaatkan yang diinstruksikan pada email.
  5. Setelah melakukan verifikasi, pendaftaran telah berhasil dan Anda telah berhasil membuat akun Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja 2022

Setelah membuat akun Kartu Prakerja menggunakan email, langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

1. Siapkan dokumen

Untuk pendaftaran, beberapa dokumen perlu diunggah nanti. Dokumen yang dibutuhkan adalah KTP dan foto diri, berikut langkah-langkahnya:

- Isi kolom KTP dengan nomor NIK
- Verifikasi NIK lalu klik "Next"
- Unggah foto KTP Anda dan foto diri Anda dengan KTP Anda
- Jika semua kolom telah diisi, klik "Kirim"
- Nanti akan muncul beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan pekerjaan.
- Jawab semua pertanyaan ini dengan jujur​​karena akan berhubungan dengan tema pelatihan yang akan didapat.

2. melakukan tes seleksi

Setelah registrasi awal, langkah selanjutnya adalah mengikuti tes minat dan bakat yang dilakukan secara online. Jika sudah lulus tes, selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih batch yang sesuai dengan kebutuhan dan domisili masing-masing peserta.

Pastikan semua data dan tes telah dikirimkan dengan benar sehingga Anda dapat melanjutkan. Setelah semuanya selesai maka proses evaluasi akan segera dilakukan oleh tim Kartu Prakerja dan hasil tes akan diumumkan di website Kartu Prakerja.

Rincian Kartu Prakerja 2022

Seperti disebutkan sebelumnya, Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp11 triliun untuk Program Pra-Kerja 2022. Berikut rincian total manfaat Kartu Prakerja 2022 yang akan dimulai angkatan 23.

1. Keseimbangan pelatihan kursus

Setiap orang yang telah diterima sebagai peserta Pra Kerja akan mendapatkan saldo pelatihan sebesar Rp. 1 juta. Saldo ini diberikan khusus untuk pembelian pelatihan kerja yang tersedia di berbagai mitra. Peserta dapat mengambil lebih dari mata kuliah yang tersedia asalkan saldo yang disediakan mencukupi.

Saldo Rp1 juta ini hanya dapat digunakan untuk membeli pelatihan kerja dan tidak dapat dicairkan secara tunai. Setiap peserta wajib menggunakan saldo pelatihan ini sebagai syarat untuk dapat menarik insentif Kartu Prakerja lainnya.

2. Insentif Kartu Prakerja

Selain saldo, peserta juga akan mendapatkan insentif sebesar Rp 2,4 juta. Insentif ini akan disalurkan secara bertahap dalam empat tahap pembangunan, di setiap tahap dikucurkan dana sebesar Rp600.000. Melihat desain yang telah dilakukan pada tahun 2020 dan 2021, rentang waktu peluncuran insentif ini adalah sebulan sekali.

Dana insentif ini akan dibagikan kepada peserta dengan cara transfer ke rekening atau e-wallet peserta. Semua dana insentif ini baru diberikan setelah peserta menggunakan dana pelatihan untuk mengikuti pelatihan yang sudah tersedia.

Nah, tunggu apa lagi? Ayo segera daftarkan diri Anda dan jadilah bagian dari program Kartu Prakerja. Program ini juga didesain ramah difabel, sehingga dapat menjangkau pencari kerja yang lebih luas.